Langkah Apa Saja ketika Debt collector Pinjol Datang ke Rumah - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Langkah Apa Saja ketika Debt collector Pinjol Datang ke Rumah

0
Deb Collector pinjol kredivo datang kerumah nasabah memberikan surat tagihan utang

27 April 2022-Tools Pinjol,
Pembahasan tentang Debt Collector Pinjol Datang kerumah, mungkin salah satu pertanyaan yang hari ini masih membekas dan menjadi bahan pemikiran kalian adalah tentang Debt Collector Pinjol yang katanya mau datang ke rumah.

"bener nggak sih Bang Debt Collector Pinjol itu mau datang ke rumah??" itu pertanyaan yang paling banyak dan yang paling sering ditanyakan ke kita.

Kali ini kita akan menjelaskan apa saja yang menjadi hak kalian sebagai debitur yang hari ini belum mampu melakukan pembayaran ketika Debt Collector pinjol datang ke rumah kalian untuk nagih utang. 

Kalau seandainya nanti Debt Collector datang ke rumah kalian, kalian punya hak untuk mempertanyakan beberapa hal yang mungkin untuk memastikan Apakah mereka memang benar - benar dari Debt Collector aplikasi pinjol yang hari ini sedang kalian gunakan.
BACA SELENGKAPNYA:
Mungkin pertanyaannya hari ini yang paling banyak banget "bang Aplikasi ini ada enggak sih ya Debt Collector lapangannya?" itu pertanyaan yang paling banyak dan mungkin yang paling kalian resahkan.

Sebelum kita lanjut ke bab permasalahan yang akan kita bahas kali ini. Untuk aplikasi pinjol yang mungkin sudah punya Debt Collector lapangan itu masih hanya baru satu.

Berdasarkan beberapa pengakuan dari teman - teman kita yang sudah pernah di datangi sama Debt Collector dari aplikasi kredit pintar itu pun hanya untuk wilayah Jakarta doang, selain dari wilayah Jakarta masih jarang di temukan.

"Jadi bagaimana bang dengan Debt Collector Akulaku, Kredivo, Home Credit, IndoDana" platform tersebut produk - produk pembiayaan. 

Hari ini masih banyak juga pertanyaan tuh Apakah aplikasi akulaku, kredivo, home credit dan indodana masuk ke dalam aplikasi Pinjol Bang? jawabannya tidak. mereka itu masuk ke dalam produk pembiayaan. Baca selanjutnya perbedaan pembiyaan dan fintect

Jadi mereka tidak terdaftar dan tidak ada namanya di daftar pinjol, yang terakhir kita rilis itu ada 112 pinjol yang memang masih tersisa yang memiliki status terdaftar dan berizin di OJK. 

Bagaimana dengan empat aplikasi pinjol yang tadi diatas, apakah ada Debt Collector lapangan? Jawabannya tidak di semua daerah.

Kalau memang ada hanya untuk daerah - daerah besar dan kota - kota besar di provinsi doang, lebih dari itu belum ada. 

Jadi kalian nggak perlu resah dan nggak perlu lagi membuang - buang energi hanya untuk memikirkan segala sesuatu yang belum tentu pasti terjadi, yang sudah terjadi saja masih bisa kita cari solusi yang terbaik untuk hari ini.

Jadi kalau seandainya hari ini Debt Collector pinjol mau datang ke rumah kalian. "apa sih Bang yang akan menjadi hak kita ketika Debt Collector pinjol itu memang beneran datang ke rumah?"  

Yang Pertama:
kalian berhak mempertanyakan kartu identitas yaitu kartu pengenal dari Debt Collector Pinjol tersebut dan kalian berhak untuk mempertanyakan ID card pekerjaannya.

Jadi kalian bisa sesuaikan nama identitas di KTP dengan ID card pekerjaan. Itu untuk di tahap awal jadi untuk mengantisipasi supaya jangan ada yang mengaku - ngaku sebagai debt collector pinjol itu.

Yang Kedua:
kalian punya hak untuk meminta surat penugasan. Untuk memastikan jika Debt Collector yang datang ke rumah kita ini memang benar - benar ditugaskan untuk menagih utang ke rumah kita. Itu adalah hak kalian yang kedua bertanya tentang surat penugasan.

Yang Ketiga
adalah surat kuasa penagihan. Jadi harus jelas semuanya nggak boleh sembarangan mengaku - ngaku apalagi melakukan tindakan - tindakan anarkis yang mungkin bisa membahayakan kita sebagai debitur. 
BACA SELENGKAPNYA:
Dan Hal ini dilakukan untuk mencegah penipuan, karena hari ini banyak juga yang menjadi korban penipuan yang mengaku dari Debt Collector aplikasi pinjol yang mungkin sudah punya niat bayar mencicil misalnya tapi hanya disertakan kuitansi. 

Jadi saya ingin memberi tahu kalau seandainya kalian punya hutang di aplikasi dan kalau memang ada Debt Collector yang mau datang ke rumah, kalau memang kalian mau cicil bisa melalui aplikasi yang pastinya jauh lebih aman ketimbang kalian menitipkan uang kepada Debt Collector untuk mengantisipasi tindak penipuan.

Yang Ke Empat 
kalian berhak untuk bernegoisasi. Jadi jangan lagi memiliki pemikiran yang khawatir ini itu atau segala macam. Debt Collector pinjol itu tidak mungkin mengambil barang - barang yang ada di rumah kita. "kalau seandainya hal itu terjadi Bagaimana bang??" kalian bisa teriakin maling sekalian. 

Karena hukum sudah melarang, mereka tidak boleh melakukan tindakan - tindakan anarkis mengambil barang - barang yang ada di rumah atau mungkin mencaci maki dengan bahasa yang tidak baik, mempermalukan debitur yang hari ini belum mampu melakukan pembayaran atau mungkin menjatuhkan harkat martabat manusia. Hal itu sudah diatur dalam undang - undang, jadi tidak boleh lagi semena - mena.

Nah itulah tadi beberapa hal yang akan menjadi hak kalian ketika memang Debt Collector pinjol mau datang ke rumah kita. Jadi sudah cukup jelas, bagi kawan - kawan yang mungkin kurang jelas, kalian boleh bertanya di kolom komentar di bawah ini.

Insyaallah saya masih tetap bantu jawab pertanyaan kawan - kawan yang mungkin hari ini menjadi sumber kegelisahan.

Joint Grup Telegram
t.me/toolspinjol

Jakarta-Indonesia
Penulis Angela Pangestu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status