6 Resiko Tidak Membayar Tagihan Shopee Paylater Atau Shopee Pinjam - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

6 Resiko Tidak Membayar Tagihan Shopee Paylater Atau Shopee Pinjam

0
nasabah akan mendapatkan 6 resiko ketika nasabah gagal membayar tagihan atau angsuran di akun shopee, apa saja resiko nya

27 Mei 2022-Tools Pinjol,
Bagaimana cara mengaktifkan shopee paylater? dan disini kami akan menjelaskan kenapa akun shopee paylater di bekukan. Resiko apa saja yang akan terjadi bila kita tidak membayar shopee paylater atau shopee pinjam.

Ada beberapa resiko yang akan terjadi bila kita tidak membayar tagihan shopee paylater dan shopee pinjam diantaranya:

1) Denda Pinjaman
Denda pinjaman akan ditambahkan ke nilai tagihan kita. bilamana kita terlambat membayar tagihan setelah jatuh tempo yang kita tentukan.

Biasanya setiap tanggal 25 atau tanggal 5 adalah hari terakhir kita harus membayar seluruh tagihan dan denda ini akan dihitung serta ditambahkan harian. Jadi semakin lama kita tidak membayar maka semakin besar tagihan yang terus kalian bayar.

2) Layananan Pinjaman dibekukan
Layanan Shopee Paylater dan Shopee Pinjam akan dibekukan. ketika kita tidak membayar tagihan shopee paylater dan shopee pinjam maka layanan tersebut akan dinonaktifkan Dan kalian tidak bisa menggunakan.

Limit tersisa untuk belanja ataupun meminjam uang dan ini akan aktif kembali bila semua tagihan sudah selesai dibayar.

Namun untuk beberapa kasus walaupun sudah terbayar tetapi shopee paylater maupun shopee pinjam tetap tidak bisa digunakan. 

Adapun sebagian yang diturunkan limitnya namun bisa digunakan itu semua tergantung kebijakan dari analis pinjaman shopee. 
BACA SELENGKAPNYA:
3) Akun Shopee ditutup
Resiko selanjutnya jika kalian sudah lewat berhari - hari. Berminggu - minggu atau pun berbulan - bulan tapi belum dibayarkan maka shopee paylater dan shopee pinjam kalian akan dinonaktifkan.

Dan kalian tidak bisa sama sekali login atau masuk ke akun shopee kalian dan nantinya kalian harus menghubungi customer service shopee. 

Untuk mempertanyakan hal ini dari kalian akan diminta untuk melunasi semua tagihan melalui nomor rekening yang akan diberikan oleh CS shopee. 

Jadi kalian tidak akan bisa membayar melalui aplikasi shopee lagi, maka tidak ada kemungkinan kalian bisa masuk ke akun shopee apa lagi menggunakan layanan shopee paylater dan shopee pinjam kembali.

4) Menghubungi Nomor Kontak Darurat
Discol ini sepertinya resiko yang paling ditakuti oleh nasabah. Shopee akan menghubungi kontak darurat yang kalian masukkan pada saat kalian mengaktifkan shopee paylater maupun shopee pinjam.

Guna mempertanyakan atau meminta konfirmasi agar yang bersangkutan segera membayar kewajibannya membayar seluruh tagihan di shopee. 

Secara kasarnya shopee membuat malu dan membuat tidak nyaman agar kalian segera membayar tagihannya tapi pada kasus ini sangat jarang sekali terjadi.

5) Menghubungi Kontak diluar Kontak Darurat 
Jika pihak shopee sudah menghubungi kalian dan kontak darurat maka langkah shopee selanjutnya adalah menghubungi kontak di luar kontak darurat. 

Shopee akan memanfaatkan data transaksi yang kalian masukkan di aplikasi shope, mungkin kalian pernah isi pulsa atau data nomor handphone lain selain yang terdaftar di shopee, atau kalian pernah berbelanja di shopee dan nomor handphone penerima bukan nomor handphone kalian. 
BACA SELENGKAPNYA:
Ini yang disebut kontrak di luar kontak darurat. tujuannya adalah sama untuk membuat kalian tidak nyaman dan segera melakukan pembayaran tagihan. 

Selanjutnya jika semua surat penagihan shopee tidak berhasil maka shopee akan mendatangkan jasa penagih hutang atau debt collector ke alamat rumah atau tempat kerja sesuai dengan data yang kalian isi pada saat kalian mengaktifkan semua layanan shopee.

Dan ada kemungkinan datang ke alamat yang kalian gunakan pada saat kalian berbelanja atau bertransaksi di shopee.

6) Blacklist OJK 
Langkah terakhir jika semua usaha penagihan tidak membuahkan hasil maka dianggap sebagai kerugian perusahaan.

Tapi kita juga akan menanggung rugi karena data kita akan masuk ke SLIK OJK atau BI Checking.
Yang mana jika data kita sudah terblacklist OJK maka kemanapun kita melakukan pinjaman ataupun kredit lainnya tidak akan disetujui atau sangat sulit disetujui.

Data Blacklist OJK ini tidak akan hilang sampai kita melunasi tagihan di satu perusahaan tersebut karena setiap bulan perusahaan keuangan akan melaporkan semua data nasabahnya.


Nah itu adalah beberapa resiko utama yang akan terjadi bila kita tidak membayar tagihan shopee namun dari Point ke- 4 sampai poin terakhir itu sangat jarang terjadi.

Jakarta-Indonesia

Penulis: Angela Pangestu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status