Aturan Resmi OJK! Debt Collector Pinjol Tidak Membawa Sertifikat Profesi Penagihan, Wajib Usir ! - Tools Pinjol Terbaru

Edukasi Pinjaman Online

Membantu anda untuk mengerti tentang hukum hutang piutang, PERBANKAN, PINJAMAN ONLINE, serta aturan hukum lain yang sering di jumpai di masyarakat. dan juga mempublikasikan berita berita trending terkini, informasi terupdate dan terpercaya.

Aturan Resmi OJK! Debt Collector Pinjol Tidak Membawa Sertifikat Profesi Penagihan, Wajib Usir !

debt collector wajib membawa sertifikat profesi
takut di datangi debt collector pinjol datang kerumah, lakukan 3 cara ini agar debt collector tidak jadi kerumah.

Debt Collector pinjol tidak bawa sertifikat profesi wajib di usir

22 October 2022-Tools Pinjol,
Apa yang harus kalian persiapkan untuk menghadapi dc pinjol yang akan datang ke rumah? Kalian harus ada persiapan dan ada informasi penting yang harus kalian ketahui untuk menghadapi DC pinjol ketika datang ke rumah.

Kita mengacu pada peraturan OJK yaitu pojk nomor 35/pojk.05/2018 tentang penyelenggaraan usaha perusahaan pembiayaan diperbolehkan untuk bekerjasama dengan pihak ketiga dalam rangka penagihan. Yang artinya OJK sudah memperbolehkan fintech menggunakan pihak ketiga atau outsource. 
BACA JUGA:
Penagihan pihak ketiga dikenal dengan istilah debt collector, diwajibkan membawa sejumlah dokumen. Dokumen ini wajib kalian minta untuk membuktikan bahwa mereka ini resmi dan mereka legal.

Apa saja bahan yang perlu kita tanyakan?
Berikut tahapannya:

1. Tahap pertama adalah kartu identitas,

2. Tahap kedua yaitu sertifikat profesi di bidang penagihan dari lembaga sertifikasi profesi di bidang pembiayaan yang terdaftar di OJK.

3. Tahap ketiga yaitu dokumen penting.

Bagaimana penjelasannya?
Surat Tugas
Surat tugas ini sangat penting karena banyak banget yang mengaku dan berujung dengan penipuan.
BACA JUGA:
Misalnya kalian ada utang di aplikasi kredivo, kemudian mereka datang dan mengaku dari kredivo dan meminta kalian untuk bayar utang, Nah kalau kalian bayar ke mereka uangnya hilang begitu saja dan ternyata orang - orang yang datang itu bukanlah orang utusan dari kredivo dan mereka hanya berpura - pura untuk bisa mendapatkan uang dari kalian.

Kejadian yang seperti ini sudah banyak yang mengalami penipuan, karena minimnya pengetahuan kalian tentang pinjaman online sehingga tidak tahu bagaimana mengatasi jika DC ke rumah.

Dokumen Penting
Selanjutnya kalian harus tanyakan bukti dokumen debitur oneprestasi, maksudnya adalah bukti bahwa kalian ada tunggakan berapa, pinjaman berapa, kapan jatuh temponya.
BACA JUGA:
Salinan sertifikasi jaminan fidusia, merupakan sertifikat yang dibutuhkan dan wajib dimiliki oleh DC lapangan. Jadi kalau mereka tidak membawa dokumen diatas, suruh mereka pulang melengkapi dokumen.

Kenapa? karena sudah resmi aturan dari OJK, jika mereka tidak mau pulang, kalian bisa sebutkan pasalnya yaitu pasal nomor 35 kemudian pojk 05 tahun 2018 agar mereka datang lagi besok dengan membawa surat - surat lengkapnya.

Siapa tahu mereka malas datang lagi ke kalian dan malas menagih. Mereka akan memprioritaskan orang - orang yang tidak mengerti dan tidak paham aturan - aturan seperti ini untuk ditekan.
Kalian harus punya wawasan tentang pinjaman online agar tidak mudah tertipu dan tidak takut akan gangguan ataupun teror dari DC pinjol.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.
DMCA.com Protection Status